Breaking

Sunday, September 1, 2019

Pemerintah Disarankan Lakukan 3 Langkah Ini Terkait Konflik…

loading…

JAKARTA – Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana menilai, terkait insiden yang terjadi di Papua negara-negara di dunia kecuali mungkin negara Pasifik, akan tetap mengakui Papua sebagai bagian dari NKRI. Tentu akan ada pihak-pihak dari luar negeri seperti Benny Wenda yang ingin memanfaatkan bahkan mengeksploitasi masyarakat di Papua agar terprovokasi untuk merdeka.

“Meski perlu diwaspadai apa yang dilakukan pihak-pihak luar, termasuk Benny Wenda (tokoh perjuangan rakyat Papua yang tinggal di Inggris), saya yakin negara-negara di dunia tidak akan mengakui kemerdekaan Papua,” kata Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu 1 September 2019.

Namun demikian, kata dia, pemerintah perlu melakukan sejumlah langkah. Pertama meminta kepada perwakilan di luar negeri untuk berkomunikasi secara intens. (Baca juga: Jimly: Tokoh Masyarakat Jangan Membuat Panas Situasi di Papua)”Komunikasi dilakukan perwakilan di luar negeri dengan pemerintah setempat terkait insiden yang terjadi di Papua dan upaya-upaya pemerintah untuk menyelesaikan insiden yang ada,” katanya.

Kedua, kata dia, pemerintah perlu berkomunikasi ke media mancanegara. Hal itu perlu dilakukan sebagai upaya mengatasi persoalan di Papua. (Baca juga: Wiranto Pastikan Akses Internet di Papua Dibuka Setelah Kondisi Aman)

“Termasuk Perwakilan di luar negeri untuk bicara dengan media setempat, tentang apa yang terjadi di Papua dan upaya penanggulangannya,” paparnya.

Ketiga, sambung dia, pemerintah perlu memberikan briefing kepada perwakilan dari berbagai negara yang ada di Jakarta terkait insiden di Papua dan penanggulangannya.

(mhd)


Artikel yang berjudul “Pemerintah Disarankan Lakukan 3 Langkah Ini Terkait Konflik…” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages