Breaking

Monday, September 2, 2019

Harapan Pimpinan KPK Saat Ini kepada Para Penggantinya

loading…

JAKARTA – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid IV menaruh banyak harapan kepada para pimpinan KPK jilid V berikutnya. Di antaranya, melanjutkan apa yang telah dicapai, dan memperbaiki yang belum dikerjakan KPK saat ini.

Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif memberikan contoh, sembilan unit koordinator wilayah (Korwil) yang telah dibentuk saat ini.

“Tetapi stafnya belum lengkap, oleh karena itu kita berharap pimpinan yang akan datang itu melanjutkan koordinator wilayah itu menjadi ujung tombak untuk pencegahan korupsi di daerah,” ujar Laode Muhammad Syarif di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/9/2019).

(Baca juga: Meski Ada Catatan, Pansel Sebut Tak Akan Ada Koreksi Nama Capim KPK)

Selain itu dia mengungkapkan, KPK saat ini sudah mulai melakukan tindak pidana korporasi. “Oleh karena itu kita berharap bahwa untuk mendapatkan pengembalian aset itu harusnya tindak pidana korporasi lebih diutamakan ke depan, tapi ini kita sudah mulai,” ujarnya.

Adapun dalam pencegahan, pimpinan KPK jilid V nantinya diharapkan melanjutkan kerja selama ini dalam pemilihan aset. Dia mengatakan, sejauh ini KPK sudah berhasil menyelamatkan triliunan rupiah aset pemerintah.

“Kan presiden berharap salah satu keberhasilan itu pengembalian aset, dan pengembalian aset itu kita lakukan,” paparnya.

Sekadar diketahui, panitia seleksi (Pansel) telah menyerahkan sepuluh nama Capim KPK ke Presiden Jokowi. Adapun sepuluh nama Capim KPK yang diserahkan Pansel kepada Presiden Jokowi tadi adalah:

1. Alexander Marwata (Komisioner KPK)
2. Firli Bahuri (Anggota Polri)
3. I Nyoman Wara (Auditor BPK)
4. Johanis Tanak (Jaksa)
5. Lili Pintauli Siregar (Advokat)
6. Luthfi Jayadi Kurniawan (Dosen)
7. Nawawi Pomolango (Hakim)
8. Nurul Ghufron (Dosen)
9. Roby Arya (PNS Seskab)
10. Sigit Danang Joyo (PNS Kemenkeu)

(maf)


Artikel yang berjudul “Harapan Pimpinan KPK Saat Ini kepada Para Penggantinya” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages