Breaking

Wednesday, August 14, 2019

Tinggalkan Mina, Seluruh Jamaah Haji Bergeser ke Mekkah

loading…

MEKKAH – Seluruh jamaah haji Indonesia telah meninggalkan Mina setelah mereka menyelesaikan lempar jumrah ula, wusta, dan aqabah di Jamarat, Rabu (14/8/2019). Mereka kini tinggal menyelesaikan tawaf ifadah, sai, dan tahalul di Masjidilharam.

Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Armuzna, Jaetul Muchlis mengatakan, seluruh jamaah haji Indonesia telah meninggalkan Mina, sore ini. Mereka diberangkatkan dari Mina ke hotelnya dengan menggunakan bus. “Jamaah dengan bus sudah bergeser semua,” ujarnya kepada tim Media Center Haji (MCH), Rabu (14/8/2019).

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Mina, Akhmad Jauhari menjelaskan, jamaah yang meninggalkan Mina hari ini adalah mereka yang mengambil nafar tsani. Setelah selesai melempar jumrah, mereka mulai didorong ke Mekkah menggunakan bus sejak pukul 06.45 Waktu Arab Saudi (WAS). Saat ini jamaah haji yang berjumlah sekitar 90.000 orang telah bergerak ke Mekkah semuanya.

Menurut Jauhari, sebagian kecil jamaah haji akan langsung melaksanakan tawaf ifadah begitu sampai di Mekkah. Namun sebagian besar akan menunggu bus salawat yang baru akan beroperasi kembali, Kamis (15/8/2019) besok.

“Yang tanggal 17 mau diterbangkan ke Tanah Air biasanya langsung (tawaf) ifadah,” katanya.

Almasri, pendamping rombongan di Kloter 21 Embarkasi Solo (SOC), mengaku baru meninggalkan Mina hari ini karena mengambil nafar tsani. Dia bersama jamaah yang berjumlah 84 orang memanfaatkan waktu maksimal di Mina untuk beribadah.

“Kami mengambil nafar tsani, jadi baru meninggalkan Mina tanggal 13 Zulhijjah,” ucapnya.

(kri)


Artikel yang berjudul “Tinggalkan Mina, Seluruh Jamaah Haji Bergeser ke Mekkah” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages