Breaking

Tuesday, August 6, 2019

KSAD Dianugerahi Gelar Pemben Agung Yudhe Negare

loading…

LOMBOK – Dalam rangkaian kunjungannya ke Lombok dalam rangka penutupan TMMD ke -105, Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dianugerahi gelar Pembem Agung Yudhe Negare oleh Tokoh Adat Sasak di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

KSAD tiba di Bumi Lombok didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Hetty Andika Perkasa dan beberapa pejabat teras Markas Besar Angkatan Darat.

“Kegiatan KSAD di wilayah Kodam IX/Udayana kali ini dalam rangka kunjungan kerja ke beberapa satuan, termasuk dalam rangka penutupan TMMD ke-105 di Kabupaten Lombok Timur,” ujar Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Jonny Harianto Gulo, Senin 6 Agustus 2019.

Dikatakan Kapendam, KSAD juga menerima penganugerahan gelar dari Suku Sasak Lombok. “Gelar Pemban Agung Yudhe Negare yang memiliki makna bahwa KSAD sebagai pemimpin pembela kedaulatan dan martabat negara baik dari dalam maupun luar negeri,” paparnya.

Sebagaimana umumnya dalam budaya Suku Sasak Lombok, menurut Kapendam penyematan gelar yang diberikan oleh tokoh adat Sasak. Pemasangan busana dan Sapuk oleh Pengerakse Paer Tengak yakni Bupati Lombok Tengah Moh Suhaeli, dan penyerahan Keris Dirte Yudhe Ayuningrat oleh Datu Siledendeng Lalu Mohammad Patria.

KSAD Dianugerahi Gelar Pemben Agung Yudhe Negare
“Selain mengucapkan terima kasih, Kasad juga menyampaikan bahwa sebagai wujud bangga menjadi warga Sasak Lombok, beliau akan menyimpan baju kebesaran dan pusaka itu mulai sekarang dan selamanya,” ujar Kapendam.

Kedatangan KSAD disambut Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama Bupati Lombok Tengah (Loteng) Suhaili FT, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, dan pejabat setempat lainnya.

“KSAD dan rombongan juga disambut tarian adat ucapan selamat datang, yaitu dari gendang belek TNI-Polri,” pungkas Jonny.

(shf)


Artikel yang berjudul “KSAD Dianugerahi Gelar Pemben Agung Yudhe Negare” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages