Breaking

Tuesday, August 13, 2019

Kemendikbud Gelar Pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Nasional

loading…

JAKARTA – Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional tahun 2019. Kegiatan ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi kepada guru yang sudah memiliki prestasi dan dedikasi gemilang di sekolahnya.

Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbud, Supriano mengatakan, kegiatan kali ini mengangkat tema Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai Agen Transformasi Penguatan SDM. Hal ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah dalam mengembangkan SDM yang unggul.

“Ini bagian dari program untuk memberikan apresiasai kepada guru yang telah melakukan inovasi dan kreativitas khusus dan tenaga pendidikan,” kata Supriano di Hotel Mercure, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Menurut Supriano, pada event kali ini sebanyak 908 orang guru dan tenaga kependidikan dari 34 provinsi ikut ambil bagian. Para peserta terdiri dari unsur guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan yang merupakan hasil seleksi berjenjang dari tingkat kabupaten, kota, provinsi, hingga nasional.

Dia melanjutkan, dalam segi penilaian tidak hanya fokus pada kompetensi teknis dan akademis. Ada tiga kompetensi lain yaitu sosial, profesionalitas, dan wawasan kependidikan. Uji kemampuan tersebut tidak hanya dilakukan melalui tes tertulis saja, tapi peserta juga diminta membuat video aktivitasnya selama mengajar di sekolah untuk diunggah secara daring.

Supriano menuturkan, pemerintah juga telah memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan terbaik untuk belajar keluar negeri. Sejak 2015-2018 ada sebanyak 1.200 guru yang sudah dikirim ke luar negeri.

Tak itu saja, apresiasi juga diberikan dalam bentuk uang mulau dari Rp10-20 juta.”Dikirimnya para guru terbaik ke luar negeri adalah suatu program pemerintah dalam meningkat kompetensi para guru dan tenaga pendidikan,” ucapnya.

(whb)


Artikel yang berjudul “Kemendikbud Gelar Pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Nasional” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages