Breaking

Saturday, August 10, 2019

Jamaah Haji Indonesia Siap Jalani Wukuf di Arafah

loading…

MEKKAH – Jamaah haji Indonesia bersiap menjalani wukuf, Sabtu (10/8/2019) siang ini waktu Arab Saudi (WAS) atau mulai zuhur. Mereka kini telah berada di tenda-tenda Arafah.

“Sudah sampai di Arafah semua,” kata Kasie Data dan Informasi Satgas Arafah, Ambari Julianto, Sabtu (10/8/2019).

Dari pantauan di maktab 21 Arafah, sejumlah jamaah haji beraktivitas seperti biasa. Ada yang di dalam tenda, ada yang antre di toilet untuk mandi atau buang hajat.

Prosesi wukuf sendiri akan dimulai dengan salat zuhur dan asar yang dijamak dan qosor. Lalu dilanjutkan dengan khutbah wukuf. Jamaah akan berdiam diri hingga sore nanti.

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengaku sangat bersyukur karena pendorongan jamaah haji dari Kota Mekkah ke Arafah berjalan lancar. Bahkan lebih cepat empat jam dibandingkan sebelumnya. Jamaah yang didorong paling akhir afalah Sektor 11 pada Jumat (9/8/2019) pukul 20.50 WAS. (Baca: 2,5 Juta Jamaah Haji Melaksanakan Wukuf di Padang Arafah)

“Sweeping semalam lebih cepat daripada tahun-tahun sebelumnya, karena pukul 21.00 praktis seluruh sektor, 11 sektor sudah bisa diselesaikan,” katanya.

Khusus untuk jamaah yang melakukan sunah tarwiyah sebagian sudah sampai dan sebagian lagi masih di jalan dari Mina ke Arafah.

Amirul Hajj juga bersyukur karena jamaah yang sakit jauh berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Termasuk jamaah yang ikut safari wukuf juga angkanya menurun.

“Ini patut kita syukuri tapi harus kita jaga dan kita pelihara khususnya oleh tim kesehatan, petugas kesehatan kita,” kata Amirul Hajj.

Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Armuzna, Jaetul Muchlis menegaskan bahwa jamaah haji Indonesia sudah masuk ke tenda-tenda yang tersebar di 73 maktab di Arafah untuk melaksanakan rukun haji wukuf.

“Tinggal beberapa jamaah yang melakukan perjalanan tarwiyah masih proses pendorongan dari Mina menuju Arafah,” katanya. Meski tidak difasilitasi pemerintah, tapi jamaah tarwiyah tetap diawasi oleh petugas haji Indonesia.

(ysw)


Artikel yang berjudul “Jamaah Haji Indonesia Siap Jalani Wukuf di Arafah” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages