Breaking

Sunday, August 11, 2019

DPR Berharap TNI Masuk dalam Urutan 10 Kekuatan Militer Dunia

loading…

JAKARTA – Peringkat kekuatan TNI versi Global Firepower terbaru 2019 disambut positif anggota Komisi I DPR, Evita Nursanty. Sebab, ranking kekuatan militer dunia terbaru itu menempatkan Indonesia berada di nomor 16 dari 137 negara di dunia.

Peringkat itu tepat di atas militer Israel yang berada di urutan 17. Amerika Serikat (AS) masih berada di urutan puncak atau nomor satu, di susul Rusia, China, India, Prancis, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Turki, Jerman, Italia, Mesir, Brazil, Iran dan Pakistan.

“Kita bersyukur militer kita tetap berada di 20 besar dunia selama beberapa tahun ini,” ujar Evita kepada SINDOnews, Senin (12/8/2019).

Legislator asal daerah pemilihan Jawa Tengah III ini berpendapat, adanya naik turun peringkat itu adalah hal yang wajar. “Di Asia sendiri kita berfluktuasi di posisi 6-9 besar, dan di Asean kita masih tetap nomor satu,” ujar Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Namun, Evita mengaku tertarik melihat perkembangan Vietnam yang ada di posisi 20 pada 2018, lalu melorot ke 23 pada 2019. “Mereka memang punya kekuatan lebih di sisi personel militernya juga di kekuatan daratnya,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Israel memang dari rangking itu terlihat terus melorot, termasuk Korea Utara. “Kita masih lebih kuat jika dilihat dari ranking itu, bahkan kita jauh lebih kuat daripada Australia maupun Saudi Arabia,” tuturnya.

Dia juga menyoroti Pakistan tahun lalu di bawah Indonesia, sekarang naik satu peringkat di atas TNI. “Tapi sekali lagi ini fluktuasi normal saja,” ujarnya.

Dia mengatakan, Global Firepower memasukkan variabel kekuatan personel, dan anggaran, serta jumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang dimiliki di setiap angkatan.

“Seiring dengan upaya kita meningkatkan Alutsista, anggaran dan personel militer kita berharap ke depan kita bisa berada di 10 besar. Saya berharap begitu,” katanya.

(sco)


Artikel yang berjudul “DPR Berharap TNI Masuk dalam Urutan 10 Kekuatan Militer Dunia” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages