Breaking

Friday, July 5, 2019

PPIH Arab Saudi Siap Sambut Kedatangan Perdana Jamaah Haji di…

loading…

MADINAH – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi siap menyambut kedatangan perdana jamaah haji Indonesia di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah. Rencananya jamaah akan disambut Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi internal dengan daker lain untuk menyiapkan penyambutan kloter pertama. Selain itu, pihaknya juga telah menggelar doa bersama dengan membaca Surat Yasin dan tahlil agar penyelenggaraan haji 2019 berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun.

“Alhamdulillah secara umum penyambutan kloter pertama yang akan turun di Bandara Madinah sudah cukup siap. Ikhtiar secara fisik sudah kita lakukan, ikhtiar secara ruhi atau batini juga kita lakukan,” katanya usai acara Malam Ta’aruf dan Doa Bersama di kantor Daker Madinah, Jumat (5/7/2019) malam waktu Madinah.

Menurut Arsyad, pihaknya telah menyiapkan 155 personel yang bertugas di bandara untuk menyambut jamaah haji. Petugas dari Jakarta sekitar 80 orang, dari tenaga pendukung atau disebut temus sebanyak 55 orang, dan tim mobile 20 orang.

Bandara Internasional AMMA Madinah memiliki empat pintu yang akan menjadi tempat kedatangan jamaah haji. Masing-masing gate fast track, gate internasional, gate haji, dan gate zero.

Setiap lokasi itu ditempatkan petugas pengawas di Imigrasi, pengawas barang bawaan jamaah setelah keluar dari Bea Cukai, pengawas barang bagasi jamaah yang akan dimasukkan ke kargo, dan petugas yang mengantarkan jamaah ke bus. “Jadi ada sekitar 12-15 petugas per lokasi. Alhamdulillah jumlah itu sudah terpenuhi dari setiap sektor yang kita miliki,” kata Arsyad.

Berdasarkan jadwal rencana perjalanan haji 2019, kata Arsyad, ada empat kloter jamaah haji yang akan tiba di Madinah pada hari ini, Sabtu (6/7/2019). Dua kloter berasal dari Embarkasi Surabaya (SUB) dan dua lainnya dari Embarkasi Batam (BTH).

Pelaksana Tugas Kepala Daerah Kerja Madinah Amin Handoyo mengatakan, amaah yang paling awal tiba di Bandara AMMA Madinah dari Embarkasi Surabaya 1 berjumlah 450 orang. Mereka dijadwalkan mendarat sekitar pukul 10.00 waktu Madinah atau pukul 14.00 WIB. Selanjutnya kloter ini ditempatkan di sektor 3 hotel Isyraq Al Bustam.

Jamaah haji kedua yang tiba di Madinah berasal dari Embarkasi Batam (BTH) 1 pukul 10.35 waktu Madinah. Mereka ditempatkan di sektor 4 hotel Nibras Syahba. Lalu disusul jamaah kloter Surabaya 2 pada pukul 13.30 waktu Madinah, Mereka akan menginap di sektor 4 hotel Manar Al Taaj. Sementara terakhir yang datang adalah jamaah haji kloter Batam 2 pukul 14.35 waktu Madinah. Mereka ditempatkan di sektor 5 hotel Gulnar Taibah.

Menurut Amin, pemondokan jemaah haji di Madinah telah dipilih di lokasi yang dekat dengan Masjid Nabawi. “Pemondokan di Markaziyah semua, paling jauh di ringroad 500 meter dari Masjid Nabawi. Paling dekat di Tayyibah Arak, di depan pelataran Masjid Nabawi, kalau salat Jumat tinggal gelar sajadah,” ujar Amin.

()


Artikel yang berjudul “PPIH Arab Saudi Siap Sambut Kedatangan Perdana Jamaah Haji di…” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages