Breaking

Saturday, July 13, 2019

Kata Pengamat Soal Posisi Golkar di Pemerintah Jokowi Jilid…

loading…

JAKARTA – Partai Golkar dinilai akan memiliki peran penting dalam Pemerintah Joko Widodo periode kedua. Partai berlambang pohon beringin ini diyakini akan menjadi penengah di antara kekuatan politik partai lain pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi saat menjadi narasumber dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Golkar di Periode Kedua Jokowi di d’Consulate Cafe & Lounge, Jakarta, Sabtu 13 Juli 2019.

“Partai Golkar pada periode pemerintahan Jokowi menjadi penengah di antara kekuatan-kekuatan partai lain pendukung pemerintahan,” katanya.

Mengenai sosok yang bakal didukung Jokowi menjadi ketua umum Golkar pada Munas Golkar mendatang, Burhanudin menyinggung soal langkah Airlangga yang pernah membawa ketua-ketua DPD Partai Golkar ke Istana Bogor.

Dari situ, kata dia, sudah jelas arah restu Jokowi. “Terlihat dari sinyal-sinyal gesture Jokowi sendiri,” tandas Burhanudin.

Sementara itu, pakar komunikasi politik, Leli Arrianie, ada dua kelompok Golkar pasca era Soeharto. Satu ingin Golkar bubar dan satunya ingin Golkar reformasi.

“Hal luar biasa dari Golkar adalah sosialisasi politiknya dalam mendayung di pemerintahan, yang bermain cantik sekali,” katanya.

Terlebih saat ini, sambung dia, sangat terlihat kedekatan Golkar di bawah Airlangga dengan Jokowi.

Sementara itu, pakar tata negara, Juanda menilai Golkar sangat ahli dalam politik dan pemerintahan. Dalam menjalankan pemerintahan, Jokowi sebenarnya membutuhkan Golkar, baik eksternal maupun internal.

“Golkar semestinya tidak hanya membeo, namun produktif, inovatif dan responsif, artinya tetap pada fungsinya sebagai partai politik yang merespons kepentingan rakyat,” katanya.

(dam)


Artikel yang berjudul “Kata Pengamat Soal Posisi Golkar di Pemerintah Jokowi Jilid…” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages