Breaking

Monday, June 10, 2019

TKN Jokowi Harap Putusan Sela MK Tak Proses Sengketa Pilpres BPN Prabowo

Menurut Sekjen PPP ini, jika melihat materi gugatan yang diajukan BPN, jelas sudah keluar dari kewenangan MK.

“Karena sebagian besar yang diulas adalah terkait dengan sengketa proses, yang itu harusnya diajukan di Bawaslu, soal TSM (kecurangan Terstruktur, Sistematis, dan Masif). Kalau ada aspek pidananya, ke Gakkumdu. TKN tdak melihat bahwa sengketa yang diajukan itu muara materinya adalah perhitungan hasil pemungutan suara, karena itulah kami optimis,” ungkap Arsul.

Dia menjelaskan, bukannya di MK tak boleh ada pembicaraan soal kecurangan TSM. Tetapi, harus menjelaskan juga pengaruhnya terhadap perhitungan suara, yang mengubah hasilnya.

“Kalau hanya ngomongin TSM, TSM tok, tidak ada tabulasi rekapitulasi hasil suara mereka yang dicurangi, bukan merupakan kompetensi absolut atau kewenangan MK,” jelas Arsul.

Senada, Anggota Hukum TKN untuk MK Lukman Eddy, yang juga merupakan anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKB ini, menjelaskan bahwa untuk TSM sendiri sudah diatur dalam UU Pemilu. Dimana itu memang kewenangan Bawaslu.

“Sudah ada kesepakatan bawaslu yang mana, MK yang mana,” pungkasnya.


Artikel yang berjudul “TKN Jokowi Harap Putusan Sela MK Tak Proses Sengketa Pilpres BPN Prabowo” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages