Breaking

Friday, June 14, 2019

KPU Butuh Waktu Lebih untuk Perbaiki Jawaban di Sidang MK

loading…

JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyatakan dalam memperbaiki jawaban dalam sidang sengketa PHPU Presiden 2019 butuh waktu lebih karena banyak proses yang dilakukan.

“Secara teknis sidangnya hari ini hari Jumat, sementara dalam persidangan MK menggunakan hari kerja, Sabtu-Minggu libur, kemudian kita ditentukan jadwal sidang hari Senin dan itu kalau kita diakomodir perbaikan pemohon kemudian kami menjawab, itu kan gak sekedar menjawab. Karena kalau kami menjawab harus berhitung menyiapkan alat bukti dari daerah, itu juga dalam problem,” ucapnya di Gedung MK, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

KPU memandang, hukum acara di peraturan MK jelas tidak ada kesempatan untuk perbaikan dalam gugatan Pilpres tapi bahwa mahkamah dalam persidangan mengambil sikap berbeda dari peraturan MK, KPU mengikuti keputusan yang ada. “Ya kami mengikuti, tapi walau demikian kami sampaikan ada catatan keberatan KPU tentang tidak dipenuhi hukum acara persidangan PHPU,” jelasnya.

Menurutnya, untuk melakukan perbaikan jawaban yang mengacu pada gugatan yang baru. Pihaknya butuh waktu bukan hanya sekedar menjawab tapi juga sambil cek di lapangan. “Kita akan cek lapangan, sesungguhnya tuduhan seperti itu benar atau tidak? ada atau tidak? Alat buktinya apa? Ini butuh waktu. Belum nanti angkut ke Jakartanya,” jelasnya.

Sidang lanjutan pada selasa (18/6) mendatang KPU akan melakukan perbaikan dengan mengkaji lebih dulu dalam 2 hari ke depan untuk kemudian merumuskan jawaban dan bagaimana strategi bagaimana mengumpulkan teman KPU daerah buat ke Jakarta.

Sebelumnya, sidang kedua gugatan Pilpres berlangsung pada Senin, 17 Juni 2019. Namun KPU keberatan karena waktunya terlalu sempit lantaran pihak penggugat dari kubu Prabowo-Sandi memakai gugatan versi perbaikan dan KPU perlu melakukan perbaikan jawaban.

Ketua Hakim MK Anwar Usman pun memutuskan sidang diundur hingga Selasa, 18 Juni. Sidang pada Selasa beragendakan tanggapan dari KPU atas materi gugatan yang diajukan tim hukum Prabowo-Sandi.”Permohonan termohon dikabulkan sebagian, artinya tidak hari Senin, tapi hari Selasa,” ucapnya.

Perbaikan jawaban atas gugatan juga diperlonggar oleh MK hingga Selasa sebelum sidang. Anwar mengatakan perubahan jadwal sidang ini akan diserahkan ke kepaniteraan dan kepada para pihak yang beperkara. “Jawaban diserahkan sebelum sidang, termasuk pihak terkait dan Bawaslu,” jelasnya.

(pur)


Artikel yang berjudul “KPU Butuh Waktu Lebih untuk Perbaiki Jawaban di Sidang MK” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages