Breaking

Friday, June 21, 2019

Jurnalis iNews.id Juara 1 Lomba Karya Jurnalistik Kementan-Kompasiana

loading…

JAKARTA – Jurnalis iNews.id Masirom meraih Juara 1 lomba karya jurnalistik bertajuk Kementerian Pertanian-Kompasiana Agri Writing Competition 2019. Tulisannya tentang kisah sukses milenial menjadi eksportir buah segar Indonesia menjadi yang terbaik di kategori jurnalis.

Kementan-Kompasiana Agri Writing Competition 2019 digelar untuk mengajak masyarakat dari berbagai lapisan berbagi pikiran, pendapat, atau bahkan pengalaman seputar capaian serta tantangan dalam mewujudkan pertanian Indonesia yang maju. Ini sejalan dengan sektor pertanian sebagai penggerak utama pembangunan ekonomi dan kesejahteraan RI.

Setelah menerima ratusan pendapat dan menyeleksi secara objektif, transparan dan cermat, Dewan Juri Kementan-Kompasiana Agri Writing Competition 2019 menetapkan 9 pemenang di tiga kategori, yakni jurnalis, umum, dan pelajar & mahasiswa.

Di kategori jurnalis, wartawan iNews.id Masirom menyabet Juara 1 dengan karya berjudul “Kisah Sukses, Berawal dari Idealisme Kini Ekspor 450 Ton Buah ke 17 Negara.” Tulisan ini dipublikasikan di Kanal Finance portal berita iNews.id pada Jumat 17 Mei 2019.

Tulisan itu mengisahkan perjalanan Swasti Adicita Karim (33), bersama sejumlah rekannya yang sukses membangun perusahaan eksportir buah segar. Berawal dari keprihatinannya terhadap barang impor yang membanjiri pasar Indonesia, Swasti kini telah mengirim buah-buah segar Indonesia ke-17 negara.

Penghargaan terbaik ke-2 diraih Firmauli Sihaloho dari Tribunpekanbaru.com dengan karya berjudul “Modernisasi Alat Pengupas Otomatis Mengiringi Ekspor Buah Nanas.” Sedangkan peringkat ke-3 diraih Jurnalis Rakyat Merdeka Haikal Amirullah dengan karya berjudul “Sudah Oke, Kementan diminta pertahankan produksi padi & jagung.”

Penilaian terhadap karya peserta dilakukan secara ketat oleh Dewan Juri yang terdiri atas J Kristiadi (Peneliti CSIS), akademisi Universitas Indonesia Hamdi Muluk, Staf Ahli Menteri Pertanian Sam Herodian dan Redaktur Kompas.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan, lomba karya jurnalistik ini merupakan kerja sama Kementan dan Kompasiana. ”Penilaian karya peserta dilakukan Dewan Juri secara independen yang merupakan para pakar dan jurnalis senior,” ujarnya, Jumat (21/6/2019).

Deputi Direktur Pemberitaan MNC Media Yadi Hendriana mengatakan, penghargaan ini membuktikan kualitas karya jurnalistik iNews.id. Sebagai portal berita yang relatif baru, iNews.id selalu berkomitmen menghadirkan berita-berita yang inspiring and informative.

”Tentu ini akan memacu kami untuk terus berkarya menghasilkan produk-produk jurnalistik yang berkualitas dan menginspirasi masyarakat luas,” tutur Yadi.

(wib)


Artikel yang berjudul “Jurnalis iNews.id Juara 1 Lomba Karya Jurnalistik Kementan-Kompasiana” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages