Breaking

Sunday, March 17, 2019

Utamakan Evakuasi Korban Banjir Bandang…

loading…

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa kepada para korban yang kehilangan keluarganya dan para pengungsi akibat bencana banjir bandang di daerah Sentani, Jayapura, Papua.

“Saya ingin sampaikan duka cita yang mendalam pada seluruh korban yang meninggal karena banjir bandang itu,” ujar Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Selain itu, Jokowi telah menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani bencana banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sentani, Jayapura.

Menurutnya, agar memfokuskan penanganan evakuasi korban segera mungkin. Hal ini dilakukan agar mengurangi korban yang ada. “Saya sudah mendapat laporan dari kepala BNPB Doni Monardo mengenai banjir bandang di Sentani,” ucap Jokowi.

“Dan saya sudah perintahkan secepatnya untuk datang ke lokasi hari ini. Beliau langsung ke sana. Dan kita harapkan, yang paling penting penanganan evakuasi secepat-cepatnya. Agar mengurangi korban yang ada,” sambungnya.

Dia pun juga ingin agar terus melaporkan perkembangan baru tentang kondisi di Sentani. Hal ini agar dilakukan bersama dalam membantu para masyarakat di Sentani.

“Kemudian saya sudah sampaikan juga agar segera dilaporkan hal2 yang penting yang bisa kita lakukan karena banjir bandang tidak hanya di Sentani saja. Di provinsi lain juga ada. Kabupaten lain kota lain juga ada,” jelasnya.

Sebagai informasi, Banjir Bandang yang menerjang Kecamatan Sentani, Jayapura, telah mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia dan luka-luka, serta ribuan orang mengungsi. Maka itu, mulai hari ini Jayapura dinyatakan memasuki masa tanggap darurat.

Penanganan darurat bakal dilakukan untuk menangani bencana yang terjadi di Sentani. BNPB akan mendampingi Pemda Jayapura dan membantu melakukan aktivasi posko.

(maf)


Artikel yang berjudul “Utamakan Evakuasi Korban Banjir Bandang…” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages