Breaking

Friday, March 1, 2019

Menkominfo Ajak Perusahaan Media Perangi Hoaks

loading…

JAKARTA – Menteri komunikasi dan informatika Rudiantara mengajak perusahan media untuk ikut serta berperan memerangi hoaks yang marak beredar media sosial.

“Teman-teman dari media arus utama mari kita bekerja sama bentuknya seperti apa ayo kita rembukan memerangi hoaks,” kata Rudiantara, seusai menghadiri diskusi Rakornas AMSI di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Jumat 1 Maret 2019.

Rudiantara mengungkapkan, berdasarkan penelusuran Kominfo dan laporan dari masyarakat, peredaran berita bohong atau hoaks kian banyak. Namun Kominfo kesulitan untuk melakukan klarifikasi dan validasi yang membutuhkan waktu.

“Tiap hari kominfo mengeluarkan laporan melalui situs www.stophoaks.id tapi kan kalau kami melakukan cap bahwa ini hoaks harus kami lampirkan faktanya apa, agar jangan nanti kominfo dibilang hoaks sama dia. Nah atau validasinya dilakukan di lingkungan Kominfo itu cepat, tapi diluar itu kan perlu waktu,” ungkapnya.

Untuk itu, Rudiantara berharap keikutsertaan perusahaan media di Indonesia untuk dapat membantu pemerintah untuk turut andil dalam memerangi hoaks. “Bagaimana bentuknya, silakan ayo kita rembuk, kalau perlu saya fasilitasi di kantor juga enggak apa-apa,” jelasnya.

Selain itu, berdasarkan laporan Edelman Trust Barometer Global Report 2018 peningkatan kepercayaan atau trust terhadap media di Indonesia terus naik. “Indonesia nomor 2 setelah Tiongkok, Tiongkok kalah politiknya tapi trustnya itu demikian tinggi,” tuturnya.

(wib)


Artikel yang berjudul “Menkominfo Ajak Perusahaan Media Perangi Hoaks” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages