Breaking

Saturday, March 16, 2019

Deretan Gedung Perpustakaan Paling Indah, Berikut Penampakannya

loading…

BUKU adalah jendela ilmu. Ungkapan itu benar adanya. Untuk memberi kenyamanan dan menarik pengunjung, sejumlah perpustakaan dari berbagai belahan dunia dibangun dengan sangat indah. Perpustakan mana saja yang bangunannya paling indah itu?

1. Admont Abbey Library, Admont, Austria

Deretan Gedung Perpustakaan Paling Indah, Berikut Penampakannya

Admont Abbey dikenal merupakan perpustakaan monastik terbesar di dunia. Dibangun pada 1776, Admont Abbey memiliki aula perpustakaan besar dan mengesankan secara seni. Langit-langit ruangan perpustakaan terdiri dari cupola yang menggambarkan tahap pengetahuan manusia dan dilengkapi 48 jendela di ruangannya.

2. Abbey Library of St. Gallen, St. Gallen, Swiss

Deretan Gedung Perpustakaan Paling Indah, Berikut PenampakannyaSaint Gall Abbey ada sejak 1719 dan saat ini telah ditetapkan Situs Warisan Budaya UNESCO. Perpustakaan ini menyimpan 2.100 manuskrip, beberapa di antaranya berasal dari abad ke-8. Langit-langit dan dekorasi perpustakaan terlihat indah.
3. Strahov Monastery Library, Praha, Republik Ceko
Deretan Gedung Perpustakaan Paling Indah, Berikut Penampakannya

Biara Strahov didirikan sejak 1143. Perpustakaan biara, yang lebih mirip ruang museum daripada perpustakaan ini menyimpan koleksi lebih dari 200.000 volume buku. Perpustakaan ini juga memiliki dua jalan rahasia yang disembunyikan dibalik rak-rak buku.

4. The Library of El Escorial, San Lorenzo de El Escorial, Spanyol

Deretan Gedung Perpustakaan Paling Indah, Berikut Penampakannya

El Escorial adalah tempat tinggal bersejarah Raja Spanyol, terletak sekitar 45 km (28 mil) dari Ibu Kota Madrid. El Escorial adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang difungsikan sebagai istana kerajaan, museum, biara, dan bahkan sebagai sekolah.

Raja Philip II yang memerintah selama abad ke-16 menyumbangkan sejumlah dokumen pribadinya ke perpustakaan El Escoria. Perpustakaan ini dirancang oleh Juan de Herrera dan langit-langit yang luar biasa dilukis oleh seniman Pellegrino Tibaldi

5. Trinity College Library, Dublin, Republik Irlandia

Deretan Gedung Perpustakaan Paling Indah, Berikut Penampakannya

Perpustakaan Trinity College adalah salah satu tempat wisata terbaik di Dublin. Didirikan pada 1592 oleh Ratu Elizabeth I, The Trinity College Library adalah rumah bagi lebih dari satu juta buku, dimana yang paling terkenal adalah “Book of Kells”. Buku ini terkenal sebagai salah satu manuskrip paling indah di dunia.
Sumber: 10mosttoday.com

Indonesia Miliki Perpustakaan Tertinggi di Dunia
Deretan Gedung Perpustakaan Paling Indah, Berikut PenampakannyaIndonesia sejak 2017 resmi memiliki perpustakaan tertinggi di dunia yakni gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Berikut fakta-fakta mengenai Perpusnas:1. Perpusnas memiliki 27 lantai
2. Luas lahan 11.975 meter persegi
3. Luas bangunan 50.917 meter persegi
4. Bangunan setinggi 126,3 meter
5. Konsep green building dengan konsumsi energi 150 kwh/mm2 per tahun
6. Fasilitas di Perpusnas antara lain ruang layanan keanggotaan perpustakaan nasional, ruang teater, ruang zona promosi budaya baca, data center, layanan anak, lansia dan disabilitas, layanan koleksi buku langka hingga layanan multimedia. (Wahyono)

(poe)


Artikel yang berjudul “Deretan Gedung Perpustakaan Paling Indah, Berikut Penampakannya” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages