Breaking

Thursday, February 7, 2019

Timses Klaim Elektabilitas Jokowi Naik karena Tidak Menari Saat Debat

Mediaspirasi, Jakarta – Survei Populi Center menunjukkan elektabilitas pasangan calon presiden mengalami perubahan pascadebat. Elektabilitas pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin meningkat 2,1 persen dengan kisaran angka 54,1 persen dari 52 persen pada Desember lalu.

Sementara, perubahan pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tak sampai 1 persen. Dari 30,7 persen pada Desember 2018 menjadi 31 persen.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Hasto Kristiyanto mengatakan, lonjakan elektabilitas Jokowi lebih besar karena penampilan yang baik dalam debat capres.

“Mungkin itu karena tidak ada tarian yang ditunjukkan Pak Jokowi, jadi naik,” kata Hasto di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (7/2/2019).

Selain itu, Hasto berkata survei juga menunjukkan Jokowi lebih unggul daripada Prabowo. Yaitu masyarakat lebih mampu menerima gagasan pasangan calon petahana.

“Survei diterima sebagai penyampaian gagasan terbaik dari Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin dengan peran saling melengkapi satu sama lain,” kata dia.

Selain itu, Hasto mengatakan elektabilitas capres petahana di kalangan pemilih muslim juga bakal naik setelah mengalirnya dukungan dari para ulama.

“Para habib akan memberikan dukungan kepada Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin setelah mereka melihat mana pemimpin yang betul-betul mewujudkan Islam rahmatan lil alamin, mereka akan berubah,” kata Hasto.

Menurut dia, perubahan pemilih muslim karena narasi kampanye Prabowo yang sama seperti 2014. Hal tersebut membuat pemilih yang ragu akan berlabuh ke Jokowi karena kearifan Jokowi-Ma’ruf.

“Terlebih Pak Jokowi diterima luas di kalangan ulama, diterima luas sebagai pemimpin yang membuka ruang dialog. Tanpa pernah mencaci, tanpa pernah menimbulkan konflik ketakutan sehingga lama kelamaan kami meyakini ini makin diterima sangat kuat,” jelas Hasto.


Artikel yang berjudul “Timses Klaim Elektabilitas Jokowi Naik karena Tidak Menari Saat Debat” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages