Breaking

Thursday, January 17, 2019

Baca 5 Pilar Pembangunan Untuk Mengukur Keberhasilan Jokowi-JK

5-pilar-pembangunan

Pemerintahan Jokowi-JK telah membuktikan bahwa kepemimpinan mereka berhasil membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, dan bahkan mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa sektor.

Hasil tersebut tidak lepas dari apa yang dinamakan 5 Pilar Pembangunan, yang menjadi kunci utama keberhasilan dari Jokowi-JK, terutama dalam mengembalikan negara Indonesia ke dunia persaingan global yang semakin ketat.

Apa saja yang dimaksud dengan 5 Pilar Pembangunan tersebut?

1. Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing

Jokowi-JK berhasil menstabilkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada angka 5%, dan bahkan terus meningkat meskipun kondisi ekonomi global justru sedang sangat tidak menentu. Sempat menurun pada tahun 2015 ke angka 4,88%, namun kemudian terus menanjak dan belum ada tanda-tanda akan turun.

Kondisi ini juga dibarengi dengan menurunnya tingkat pengangguran ke angka 5,5% pada 2017 lalu, untuk kemudian menurun pada bulan Februari 2018 menjadi 5,13%.

Tidak hanya itu, tingkat kemiskinan pun turun hingga mencapai 1 digit, yang merupakan suatu prestasi yang tidak boleh dianggap remeh, yaitu sekitar 9,82% pada bulan maret 2018 setelah tahun-tahun sebelumnya selalu berkutat di angka 10-11%.

2. Peningkatan Kesejahteraan dan Kebijakan Afirmatif

Pada pilar kedua ini, pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil membangun banyak sekali infrastruktur seperti jalan desa, perahu, jembatan, air bersih, irigasi, dan masih banyak lagi,

3. Penguatan Indonesia Sentris

Di pilar ketiga ini, pemerintahan Jokowi-JK melakukan pembangunan pada Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sehingga lebih memperketat pengawasan arus keluar masuk nya barang ataupun orang dengan negara tetangga, serta lokasi tersebut juga dijadikan tempat pariwisata.

Jokowi-JK juga memperluas jangkauan listrik ke area-area yang sebelumnya tidak terjamah, dan pada data terakhir tingkat elektrifikasi (wilayah jangkauan listrik) mencapai 97,13%.

4. Peningkatan Stabilitas Politik dan Keamanan, Penegakan Hukum dan Tata Kelola Pemerintahan

Pilar selanjutnya adalah meningkatnya stabilitas politik dan keamanan di dalam negeri dari berbagai ancaman yang mengganggu, ditambah lagi semakin membaiknya penegakan hukum dan juga tata kelola pemerintahan.

5. Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Bangsa

Di bawah kepemimpinan Jokowi-JK nama Indonesia juga perlahan membaik di mata internasional, kemudian kebudayaan kita juga semakin dikenal luas serta semakin banyaknya prestasi yang ditorehkan anak bangsa di kancah kompetisi internasional.

No comments:

Post a Comment

Pages