Breaking

Saturday, January 19, 2019

5 Catatan Debat Perdana Pilpres 2019

Dengan menggunakan Pedoman Skoring NUDC (National University Debating Championship) yang telah didasarkan pada Pedoman Debat WUDC (World Universities Debating Championship) 2018, Pembina Klub Debat Bahasa Inggris Universitas Indonesia (UI), Anna Amalyah Agus menilai paslon 02, Prabowo-Sandiaga Uno justru telah tampil lebih unggul.

Dosen Fakultas Ekonomi UI ini mengatakan, dalam 6 segmen, secara umum Prabowo-Sandi mendapatkan skor 79-85, sementara Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh angka 73-78.

“Man of the match atau best speaker: Sandi Uno, sangat bagus dalam menjelaskan penanganan masalah disabilitas, mengeluarkan isu pemberdayaan dibanding bantuan. Emosi dan pilihan kata juga terlihat tenang,” ujarnya saat dihubungi Mediaspirasi, Jumat (18/1/2019).

Hal ini lantaran tim Prabowo-Sandi dinilai unggul mutlak dalam hal kerja sama tim, dibandingkan dengan tim Jokowi-Ma’ruf Amin yang kerap didominasi Jokowi. Ia pun memberikan saran untuk debat selanjutnya bagi kedua tim dengan harapan keduanya bisa tampil lebih baik lagi di debat berikutnya.

“Tim PS (Prabowo-Sandi), Pak Prabowo perlu lebih tepat kapan harus melakukan penekanan kapan lebih santai, materi mana yang perlu rebuttal dan materi cenderung sebaiknya diabaikan. Keep up the good teamwork dan keep up Pak Sandi performance,” tuturnya.

Sementara untuk tim Jokowi-Ma’ruf, kerja sama tim perlu ditingkatkan, harus ada pembagian tugas yang jelas.

“Akan lebih baik jika pendekatannya bukan pidato yang cenderung lamban, dipercepat bicaranya karena beberapa kali di-cut oleh moderator. Juga eye contact dengan audience yang lebih baik,” Anna mengakhiri.


Artikel yang berjudul “5 Catatan Debat Perdana Pilpres 2019” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Pages